FKRD Faperta IPB

Program Kerja FUN

FEBRUARI
• Gerakan Tutup Aurat
Kegiatan setiap tanggal 14 Februari 2014 untuk mengajak seluruh manusia untuk menutup aurat sesuai dengan ajaran Islam serta menutup kebiasaan buruk Valentine Days.
• Open House feat BEM A
Kegiatan berupa pembukaan stand di koridor pinus Faperta IPB untuk memperkenalkan semua tentang FKRD. Kegiatan ini biasanya diadakan diawal kepengurusan.

MARET
• Musyawarah Nasional IMMPERTI (Ikatan Mahasiswa Muslim Pertanian Indonesia)
Kegiatan seminar / talkshow, musyawarah nasional, bazaar, dan lomba-lomba yang bertema “Create Your Agriculture Innovation with Islam”
• Tabungan Kurban
Udhiyah atau yang sering dikenal dengan kurban secara syar’i adalah 1 ekor kambing untuk 1 orang ataupun 1 ekor sapi untuk 7 orang. Untuk mewujudkan kurban yang syar’i maka dibuatlah tabungan kurban.

APRIL
• Kemuslimahan
1. Ngofi (Ngobrol fiqih) adalah kegiatan kajian seputar fiqih wanita.
2. Sekolah cantik adalah rangkaian kegiatan berupa seminar, pelatihan , dan keterampilan dasar ke-muslimahan (softskill dan hardskill).
• GMB (Gerakan Mushola Bersih)
Kegiatan kerja bakti membersihkan mushala secara besar-besaran yang turut mengundang pihak dekanat Fakultas Pertanian, serta diadakan kompetisi mushala terkreatif dari tiap departemen.
• Bazaar
Kegiatan penjualan produk-produk islami, pertanian, ataupun yang lainnya untuk mewujudkan FKRD yang mandiri Finansial

MEI
• KKP FUN
Kegiatan kerja bakti membersihkan mushala secara besar-besaran yang turut mengundang pihak dekanat Fakultas Pertanian, serta diadakan kompetisi mushala terkreatif dari tiap departemen.KKP FUN
Memberikan pengarahan berupa kuliah umum dan bekal berupa buku saku (tata cara shalat jama’ dan yang lainnya) kepada mahasiswa Fakultas Pertanian angkatan 48 yang akan melaksanakan KKP. Memfasilitasi dan membekali mahasiswa yang akan melakukan KKP dengan pengetahuan keislaman yang diperlukan, seperti hukum shalat dalam kendaraan, menjama’ shalat, dan yang lainnya Memfasilitasi dan membekali mahasiswa yang akan melakukan KKP dengan pengetahuan keislaman yang diperlukan, seperti hukum shalat dalam kendaraan, menjama’ shalat, dan yang lainnya.

JUNI-AGUSTUS
• Penyambutan Fakultas Pertanian Angkatan 50
Menyambut mahasiswa baru Fakultas Pertanian angkatan 50 melalui kegiatan yang fun, seperti penampilan drama, stand, AMT, dan pembagian merchandise FKRD.

SEPTEMBER
• Stadium General Sahabat FKRD
Kegiatan yang mengumpulkan seluruh elemen yang ada di Fakultas Pertanian dan memiliki kepedulian terhadap perkembangan Islam di Fakultas Pertanian. Kegiatan bisa berupa pemberian materi atau praktik.
1. Mempererat tali silaturahim FKRD dengan dekan, dosen, tata usaha, cleaning service, pimpinan LK, Komti, dan mahasiswa umum Fakultas Pertanian.
2. Menampung aspirasi, kritik, dan saran untuk kemajuan Islam di Fakultas Pertanian.

OKTOBER
CIA (Celebration of Idul Adha)
Perayaan Hari raya Idul Adha yang dimulai dengan pengumpulan dana (tabungan kurban) dan menyalurkan daging hewan serta gathering bersama mahasiswa muslim Faperta.

Program Bersama Rohis Kelas
1. Sekolah prestasi memberikan fasilitas untuk pengadaan pembinaan/kegiatan dan materi mata kuliah untuk mendukung potensi akademik anggota rohis kelas dan seluruh mahasiswa Fakultas Pertanian.
2. Tahsin A
Media civitas Faperta untuk memperbaiki bacaan Al-Quran sehingga mampu menciptakan Sarjana Pertanian yang faham dan mampu membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar.
3. J-Rok Style (Jilbab Rok Koko Style)
Kegiatan memakai pakaian jilbab koko rok (menyesuaikan) tiap hari jum’at untuk menciptakan suasana yang islami dai Faperta IPB
4. Ustadz Menjawab
Merupakan kegiatan menampung pertanyaan-pertanyaan dari mahasiswa Faperta terkait keislaman melalui buku yang diedarkan dikelas/ sms/ fb kemudian menjawabnya melalui ustadz dan kemudian hasil jawaban dari pertanyaan tersebut di share melalui buku kelas/ sms/ mading/ website FKRD.
5. FIIC (Fakultas Pertanian Islamic Information Centre)
Kegiatan pengelolaan media online (twitter, facebook, web, dan whatsapp) serta media cetak (mading, buletin, poster, kalender shaum, dll) FKRD yang isinya berupa informasi, kegiatan-kegiatan keislaman, dan publikasi kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh FKRD.
6. Green Motivation
Mengedarkan kertas kosong kepada civitas Faperta di kelas kelas dengan tujuan saling share kata-kata motivasi. Setelah di rekap, maka beberap kata-kata motivasi yang terpilih di upload di FB.
7. Bulletin
Untuk memfasilitasi civitas Faperta akan bacaan-bacaan islami.

Ada lagi:
PUKIS (Perpustakaan Islam Faperta)
Merupakan perpustakaan bertempat di sekretariat FKRD yang memuat buku-buku islami maupun buku-buku umum untuk memenuhi kebutuhan membaca civitas Faperta.

Share