FKRD Faperta IPB

Profil

FKRD merupakan sebuah Lembaga Dakwah Fakultas di Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor. Lembaga struktural di bawah naungan BEM Fakultas Pertanian IPB.

FKRD merupakan singkatan dari Forum Komunikasi Rohis Departemen Fakultas Pertanian. Sesuai dengan namanya, FKRD merupakan satu-satunya lembaga formal yang menaungi seluruh rohis pada masing-masing departemen yang berada di Fakultas Pertanian.

SEJARAH

Lembaga ini pertama kali dibentuk dengan nama FKRJ (Forum Komunikasi Rohis Jurusan), berdiri pada tahun 2003 yang hanya sekedar forum komunikasi dan belum memiliki legalitas. Pembentukan FKRJ ini di inisiasi oleh Mas Kamal (lmu Tanah 38). Hal ini berawal ketika ada kunjungan LDK dari salah satu universitas ke Fakultas Pertanian IPB untuk melakukan study banding, sementara di Faperta sendiri belum ada LDF, akhirnya dibentuklah FKRJ. Kemudian berkembang menjadi biro di PSDM A (pada angkatan 39-41). Pada tahun 2005 berkembang menjadi Lembaga Struktural (LS) dibawah PSDM BEM A. Pada tahun 2010 berubah menjadi Badan Semi Otonom (BSO) langsung dibawah DPM A. Karena kebijakan yang ada, kemudian pada tahun 2011 FKRD kembali menjadi Lembaga Struktural di bawah PSDM BEM A. Wadah aktualisasi muslim Faperta ini telah mengalami pergantian ketua sebanyak 12 kali yaitu Mahatma (PMT 38), Sutarjo (KPM 39), Erick Wahyudiono (AGB 40), Rangga Aditya Y (AGB 41), Uut Kuswendi (ARL 42), Oyok Sopian (AGH 43), Achmad Dimyati (AGH 44), Hardian Eko P (AGH 45), Risfandi Achmad (AGH 46), Burhan Efendi (AGH 48), Burhan Efendi (AGH 48), Yudianto (AGH 49). FKRD tergabung dalam FSLDKI (Forum Silaturahmi Lembaga Dakwah Kampus IPB) di dalam tingkat IPB. Secara nasional pada tahun 2014 FKRD dipercaya menjadi Badan Pengurus Wilayah III IMMPERTI (Ikatan Mahasiswa Muslim Pertanian Indonesia).

Visi FKRD
“Dengan Bersahabat Menjadikan Faperta yang Islami”

Misi FKRD
• Mencetak pengurus yang solid, aktif, prestatif dan inovatif.
• Memberikan pelayanan yang terbaik kepada civitas akademika Fakultas Pertanian.
• Menyiarkan islam dengan kreatif, inovatif sesuai perkembangan zaman.
• Rapi dalam bekerja, beraktifitas, dan berorganisasi.
• Menjalin hubungan baik dengan berbagai pihak.

FKRD berdiri dari 7 divisi: Kesatria Biru (BPH), Fundawa Arsy (Syi’ar), ISC Biru (ISC), Komiru (Kominfo), Peri Biru (Keputrian), Diplomat Biru (Eksternal), Rohis Kelas

Tagline FKRD kali ini: FKRD BIRU! Bersahabat Bermanfaat | Beauty in Ruhiyah, Allahuakbar!
Tiga moral value yang kita bawa adalah: #learn #act #share

Share