FKRD Faperta IPB

PRESS RELEASE RG-1 DAN RG-2 FKRD 1438 H

January 7th, 2017 · 1 Comment

Oleh: Novita Haerani

Bissmillahirrahmaanirrahiim….
Assalamualaikum Wr.WB
Alhamdulillah, berikut adalah Press Release RG-1 dan RG-2 FKRD 1438 H

Waktu:

Minggu, 18 Desember 2016 (RG-1)
Sabtu, 24 Desember 2016 (RG-2)

Tempat:

RK. Pinus 2 (RG-1)
RK.15 Tan B Fakultas Pertanian (RG-2)

Rapat General (RG) merupakan rapat umum. Rapat umum ini dilakukan oleh pengurus FKRD untuk membahas kegiatan yang akan dilakukan FKRD kedepannya. Alhamdulillah RG-1 telah dilaksanakan pada tanggal 18 Desember 2016, begitupun dengan RG-2 yang telah terlaksana pada tanggal 24 Desember 2016.

RG-1 dilakukan dengan tujuan untuk launching nama kabinet serta pemaparan grand design (kasar) dari semua divisi FKRD, adapun RG-2 ini dilakukan dengan tujuan mempresentasikan semua program kerja (proker) dari semua divisi FKRD beserta timeline selama 1 periode kepengurusan.

Berikut penjelasan dari setiap RG.

RG-1

Rapat General ke-1 ini dimulai pada pukul 10.00-13.00 WIB di Rk. Pinus .2 yang diikuti oleh pengurus FKRD. Kegiatan tersebut dipandu oleh Saski Aspandani sebagai MC pada Rg-1. Adapun susunan kegiatan pada RG-1 ini adalah pembukaan, pembacaan tilawah, launching nama kabinert kemudian dilakukannya pemaparan grand design dari semua divisi, dan penutupan.

  • Pembukaan
    Pembukaan RG dilakukan dengan membaca Basmallah bersama-sama
  • Pembacaan Tilawah
    Pembacaan Tilawah dilakukan oleh Amanullah
  • Launching nama kabinet
    Nama kabinet untuk FKRD 1438 H adalah “NUANSA FKRD”
    Nuansa= natural, active, nice, solidarity n agamis

Nuansa: Inovatif, peduli, aktif, solid, agamis. Menurut KBBI “nuansa” berarti variasi atau perbedaan yang sangat kecil serta kepekaan. Sehingga dengan hadirnya FKRD 1438 H di Fakultas Pertanian diharapkan menjadi nuansa baru bagi terciptanya Fakultas Pertanian yang madani.

  • Pemaparan grand design

    Pemaparan pertama adalah divisi Kemuslimahan yang dilakukan oleh Isra Miyanti, selanjutnya divisi PSDM oleh Olza. Sebelum pemaparan selanjutnya dimulai, dan adzan dzuhur berkumandang, maka dilakukan break untuk shalat dzuhur. Setelah semua anggota melaksanakan shalat dzuhur maka Rg-1 dibuka kembali dan pemaparan kembali dimulai. Pemaparan selanjutnya adalah dari Divisi Syiar oleh Sandhi Yoga, divisi Kominfo oleh Saski, divisi Fundrising oleh Meldy Sandi, dan yang terakhir adalah divisi AIC oleh Amanullah.

  • Penutupan

   Penutupan RG-1 dilakukan dengan membacaan doa kafaratul majelis


Sebelum dilakukannya RG-2, pengurus FKRD melakukan bersih-bersih ruangan ‘sekret’
Berikut adalah penjelasan kegiatan sebelum RG dan ketika RG berlangsung.

Bersih-bersih ruangan ‘Sekret’

Kegiatan bersih-bersih ruangan ini dimulai pukul 07.00-09.30 WIB. Dilakukannya bersih-bersih ruangan ‘sekret’ merupakan salah satu kegiatan yang telah direncanakan sebelumnya. Pembersihan ruangan ini dilakukan agar ketika ruangan sudah bersih dapat memberi kenyamanan bagi pengurus FKRD ketika melangsungkan diskusi antar anggota maupun rapat divisi sehingga ketika berada di ruang ‘sekret’ tidak perlu resah dengan ruangan yang semerawut. Pembersihan ruangan ini juga mencakup pemilahan barang-barang yang layak berada di sekret dan tak layak berada di sekret, seperti barang-barang yang tak berguna maupun barang-barang pengurus yang tertinggal di sekret sehingga bisa dikembalikan kepemilik aslinya. Selain bersih-bersih ruangan, dilakukan juga pengecatan dinding ruangan agar memberikan semangat baru bagi para pengurus FKRD 1438 H. Setelah bersih-bersih ruangan selesai, maka para pengurus FKRD melakukan makan bersama di halaman depan RK.15 Tan B Fakultas pertanian dengan menu sederhana namun sangat bergizi.

RG-2

Rapat General ke-2 ini dilakukan di RK. Tan 15 B. RG-2 di mulai pukul 10.00-12.30 WIB. Kegiatan tersebut dipandu oleh Amanullah sebagai MC di RG-2. Adapun susunan kegiatan pada RG-2 ini adalah pembukaan, pembacaan tilawah, kemudian dilakukannya presentasi dan diskusi, dan penutupan. RG-2 bertujuan untuk mempresentasikan program kerja (proker) dari semua divisi FKRD beserta timeline selama 1 periode kepengurusan. Selain itu dilakukan juga sesi diskusi untuk memberi masukan atas proker yang telah disusun agar dapat menyempurnakan kegiatan FKRD kedepannya selama 1 periode kepengurusan.

  • Pembukaan
    Pembukaan RG dilakukan dengan membaca Basmallah bersama-sama
  • Pembacaan Tilawah
    Pembacaan Tilawah dilakukan oleh Saski Aspandani (QS. AR-Rahman: 1-5)
  • Presentasi dan diskusi
    Presentasi pertama adalah divisi Kemuslimahan yang dilakukan oleh Isra Miyanti, selanjutnya divisi PSDM oleh Hifzullisan Sohih, kemudian divisi Syiar oleh Sandhi Yoga, divisi Kominfo oleh Saski, divisi Fundrising oleh Meldy Sandi, dan yang terakhir adalah divisi AIC oleh Amanullah.
    Setelah presentasi berlangsung maka dilakukan sesi diskusi hingga mencapai kesepakatan bersama mengenai program kerja FKRD selama 1 periode kepengurusan.
  • Penutupan
    Penutupan RG-2 dilakukan dengan membacaan doa kafaratul majelis dan dilakukan pemutaran video motivasi dalam berdakwah,

Sekian

Share

Tags: Act

1 response so far ↓

You must log in to post a comment.