FKRD Faperta IPB

Press Release Upgrading FKRD 1438H

January 4th, 2017 · No Comments

Oleh : Keko Bahariawan Yulianto
Bissmillahirrahmaanirrahiim…..
Assalamualakum Wr. Wb.

Alhamdulillah, berikut adalah Press Release Upgrading FKRD 1438 H tahun akademik 2016/2017

Waktu    : Ahad, 4 Rabiul Awwal 1438 H / 4 Desember 2016
Tempat  : Lapangan Parkir C Al-Hurriyah dan sekitarnya, dan RK AGR 404 Fakultas Pertanian

“ Wahai manusia, sesungguhnya Allah itu Mahabaik dan hanya menerima yang baik. Allah memerintahkan kepada orang-orang yang beriman akan apa yang Dia perintahkan kepada para utusan : “ Wahai para rasul, makanlah dari yang baik-baik dan berbuatlah kebajikan. Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang kalian kerjakan…”
(HR Muslim)

Upgrading adalah Kegiatan atau program kerja utama Forum Komunikasi Rohis Departemen (FKRD) yang bertujuan untuk perkenalan, persiapan ,dan pembekalan bagi pengurus baru FKRD. Panitia kegiatan ini adalah pengurus FKRD tahun ajaran sebelumnya yang diketuai oleh Ketua FKRD tahun sebelumnya juga, dalam hal ini adalah ketua FKRD 1437 H.

Susunan acara utama kegiatan ini adalah sebagai berikut :

  1. Persiapan, sarapan , senam ,dan penjelasan Teknis
  2. Games dan penjelasan ibrah
  3. Makan siang dan penutupan games
  4. Materi dan Penutupan Upgrading
  5. Simbolis Pergantian Kepengurusan

berikut adalah penjelasan lengap setiap kegiatan :

Persiapan, sarapan, senam, dan penjelasan teknis

Kegiatan ini dimulai pukul 08.00 – 09.00 WIB di Lapangan Parkir C Al-Hurriyah IPB. Persiapan dilakukan oleh panitia untuk mendata para peserta yang hadir serta menyiapkan kelengkapan kegiatan yang akan dilangsungkan. Setelah panitia dan peserta berkumpul maka diadakan sarapan dan senam bersama untuk mengisi energi guna kelancaran kegiatan. Acara senam berjalan dengan lancar dan gembira, kemudian dilanjutkan dengan penjelasan teknis. Penjelasan teknis dimulai dengan pembagian kelompok dan dan penjelasan singkat game yang akan dilakukan oleh peserta.

Games dan penjelasan ibrah

Kegiatan ini dilakukan di sekitar masjid Al-Hurriyah pada pukul 09.00 – 11.00 WIB. Games terdiri dari 4 tahap/pos yaitu : Jasmani, Ruhani, Ukhuwah, dan Strategi.

  • Jasmani

Kegiatan merupakan bentuk ekspresi dari kesehatan jasmani kader dakwah FKRD, peserta akhwat berjalan menuju garis poin mengambil kertas kemudian kembali lagi menuju garis awal sedangkat peserta Ikhwan saling berpegangan tangan dan berjalan melewati kaki teman-teman ikhwan yang lain tanpa tangan terlepas.. Pemenang dari kegiatan ini adalah yang paling cepat , jujur, dan tepat.

  • Ruhiyah

Kegiatan merupakan bentuk perpaduan antara pengetahuan dan aplikasi pengamalannya dalam menjalakan kewajiban sebagai seorang muslim terhadap Allah SWT. Peserta diberikan tugas untuk menghafalkan beberapa ayat Al-Qur’an dan beberapa kewajiban-kewajiban seorang muslim lainnya. Pada pos ini, peserta diujikan hafalannya dan amalan yaumiyahnya.

Seorang kader dakwah harus memiliki pengetahuan yang cukup mengenai agamanya, melaksanakan apa yang diketahuinya sehingga dapat memberi contoh kepada orang lain (red : target dakwah). Syiar dakwah islam tidaklah hanya dalam penyampaian nilai-nilai keislaman namun juga dilihat akhlak sang da’i sehingga dapat memberi contoh dan juga hati da’i yang penuh dengan keikhlasan.

  • Ukhuwah

Kegiatan merupakan bentuk kepedulian terhadap sesama kader dakwah. Peserta diminta untuk berbaris dengan mengurutkan berdasarkan salah satu identitas peserta (contoh : nama, asal daerah) dari urutan depan hingga belakang, peserta dilarang berbicara ataupun berbisik saat proses pengurutan atau berbaris tersebut.

Seorang kader dakwah harus memiliki kepedulian terhadap sesama kader sehingga dapat saling memberikan rasa aman dan nyaman. Dalam hal ini ,kesalahpahaman dan ketidakpastian dapat diminimalkan dalam proses dakwah jama’i. Sifat Taaruf (saling mengenal), Tafahum (saling memahami), Taawaun (saling menolong), dan takaful (saling berkorban) harus dimiliki da’I untuk kelancaran proses dakwah ini.

  • Strategi

Kegiatan merupakan bentuk aplikasi pengetahuan dan teknik penyelesaian masalah di lapangan. Peserta diminta untuk berjalan diatas 2 buah kardus sepanjang garis awal hingga akhir tanpa menyentuh tanah secara langsung.

Menjalankan aktivitas dakwah tidaklah mudah. Kondisi yang dihadapi centderung heterogen atau beranekaragam. Setiap masalah yang berbeda dibutuhkan penyelesaian yang berbeda. Seorang da’i harus dapat menyusun strategi dakwah yang efektif dan efisien  namun sesuai hukum Syar’I terhadap pokok masalah yang dihadapi.

  • Makan siang dan penutupan games

Semua kelompok melewati keempat tahap games pada pukul 11.00, mereka kembali ke titik awal yaitu di lapangan parkir C Al-Hurriyah untuk berkumpul makan siang dan mendiskusikan kegiatan yang telah terlakasana. Setelah itu dilanjutkan mendirikan shalat zuhur dan kemudian menuju RK AGR 404 untuk diberikan materi.

  • Materi dan penutupan Upgrading

Kegiatan outdoor dapat dikatakan terlaksana dengan baik. Acara dilanjutkan dengan kegiatan indoor yaitu materi tentang “Arti Pentingnya Dakwah” oleh kak Amroyanu Habib. Kegiatan dilaksanakan di RK AGR 404 Fakultas Pertanian pada pukul 13.30 WIB. Adapun garis besar isi dari materi adalah sebagai berikut :

Dakwah merupakan kegiatan menyeru manusia kepada Allah dengan hikmah dan nasihat yang baik, hinffa meraka mengingkari thagut dan beriman kepada Allah serta keluar dari kegelapan jahiliyah kepada cahaya Islam. Dakwah tidak lepas dari 5 komponen penyusunnya yaitu : Aktivias, obyek, tujuan, cara dan sasaran.

Aktivitas dakwah perlu ditanam dalam hati, oleh karena itu diperkenalkan semboyan yang berbunyi “Kita ini du’ah sebelum lainnya”. Hal ini dimaksudkan agar dakwah menjadi hal yang menjadi urgensi dalam setiap aktivitas kehidupan kita.

Obyek dakwah adalah manusia yang memiliki hakikat tidak lepas dari kesalahan dan dosa, bukan malaikat yang tidak mempunyai nafsu dan tak akan melawan perintah Allah, dan juga bukan hewan yang tak mempunyai akal pikiran dan menjalani kehidupan sesuai instingnya, dan juga bukan kepada jin karena bukan tugas kita sebagai manusia biasa (red : bukan nabi dan rasul Allah).

Tujuan dakwah hanyalah semata-mata mengharap ridha Allah SWT dengan cara yang baik dan penuh hikmah serta bersikap tegas. Sasaran dakwah adalah menjadikan obyek dakwah ingkar kepada  thagut dan beriman kepada Allah SWT, serta keluar dari kegelapan jahiliyah menuju cahaya islam.

Kegiatan penutupan Upgrading FKRD 1438 H dilakukan dengan pemberian hadiah kepada tim pemenang games dan tukar hadiah. Acara ditutup oleh MC Faishal Naufaldi.

  • Simbolis Pergantian Kepengurusan

Kegiatan ini merupakan kegiatan tambahan yang dilakukan sebelum acara tukar hadiah antar pengurus baru. Kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan sebuah kenang-kenangan terhadap kepengurusan yang telah digantikan yaitu kepengurusan tahun 1437 H. kegiatan dilakukan dengan penyerahan simbolis oleh Ketua FKRD 1437 H kepada Ketua FKRD 1438 H dan dilanjutkan kepada pengurus yang lainnya. Kegiatan berakhir pada pukul 16.40 WIB dan diakhiri dengan  foto bersama.

Wassalamualaikum Wr.Wb.

Sekian.

Share

Tags: Act

0 responses so far ↓

  • There are no comments yet...Kick things off by filling out the form below.

You must log in to post a comment.