FKRD Faperta IPB

NgoFi 3 : Thaharah Wanita

June 6th, 2016 · No Comments

Press Release Ngobrol Fiqih 3
Tema : “Thaharah Wanita”
Waktu: Kamis, 19 Mei 2016

Alhamdulillah telah dilaksanakan Ngobrol Fiqih Season 3 yang dilaksanakan pada tanggal 19 Mei 2016 dengan tema “Thaharah Wanita”. Fiqih (NgoFi) merupakan kajian Fiqih Wanita yang dibuat oleh Kemuslimahan FKRD guna menambah pengetahuan Fiqih para muslimah-muslimah IPB.

Acara dimulai pada pukul 17.00 dimulai dengan pembukaan oleh MC Firly dengan pembacaan ta’awudz dan basmallah, yang dilanjutkan dengan pembacaan tilawah Alquran oleh Azizah.
Kemudian saatnya penyampaian materi oleh Mbak Okta, beliau merupakan Mahasiswa Biologi 48 yang sudah menyelesaikan study tahun lalu.

Penyampaian materi oleh Mbak Okta yang menyenangkan dan mudah difahami membuat para peserta mudah memahami materi.
Materi dimulai dengan pertanyaan, ,mengapa kita perlu mengetahui materi mengenai Fiqih Wanita ini? Apa itu mengenai Thaharah? Thaharah arti adalah bersuci, ini penting untuk diketahui karena berkaitan dengan ibadah yang akan kita lakukan sehari-hari.

IMG-20160605-WA0000

Najis dibagi kedalam 3 jenis :
1. Kecil, contohnya adalah kencingnya seorang anak bayi yang masih menyusui kepada ibunya.
2. Sedang, contohnya adalah darah
3. Besar, contohnya seperti air liur anjing
Setiap najis mempunyai cara membersihkannya masing-masing. Adapula pembahasan mengenai pengertian mani, madzi dan wadi yang patut pula diketahui. Kemudian dilanjutkan dengan penyampaian tentang wudhu. Mbak okta mengingatkan kembali dengan kisah Bilal yang terompahnya telah terdengar disurga oleh Rasulullah, kemudian Rasulullah bertanya amalan apa yang engkau lakukan wahai Bilal hingga terompahmu sudah terdengar disurga? Jawab Bilal, dia hanya senantiasa menjaga wudhunya. Subhanallah sekali ya wudhu tersebut hingga bisa menghantarkan Bilal ke surga.
Banyak yang dibahas mengenai rukun wudhu ini, salahsatunya adalah beristimsyak yaitu memasukan/menghirup air ke hidung yang mesti kita biasakan.

IMG-20160605-WA0001

Kemudian materi dan sesi tanya jawab berakhir pada pukul 17.40, terdapat sesi pemberian sertifikat dan pemberian doorprise. Acara ditutup oleh MC dengan membaca Hamdalah dan doa Kafaratul majlis.

Wassalamu’alaikum. Wr. Wb.

Share

Tags: Learn · Press Release SAPA · Uncategorized