FKRD Faperta IPB

Kebangkitan IMMPERTI, Kebangkitan Pertanian Islam Indonesia!

June 5th, 2015 · No Comments

Untitled-1

Tanggal 21 April 2015 bertepatan dengan Hari Kartini, Badan Pengurus Wiayah III IMMPERTI telah melaksanakan Open Recruitment pengurus periode 2015-2016. Hal ini menjadi angin segar bagi Pertanian Islam Indonesia. Setelah beberapa tahun vakum, kini BPW III IMMPERTI kembali menunjukkan taringnya. Puluhan mahasiswa Pertanian sangat antusias menyambut proses Open Recruitment pengurus BPW III IMMPERTI tersebut. Hal ini dapat terlihat dari jumlah pendaftar Pengurus BPW III IMMPERTI yang mencapai lebih dari 50 orang. Proses demi proses seleksi pun dilakukan. Hingga akhirnya pada tanggal 02 Mei 2015 yang bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional Pengurus BPW III IMMPPERTI pun resmi diumumkan. Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahiim, Abdul Salam selaku Ketua BPW III IMMPERTI mengumumkan sekaligus meresmikan Kepengurusan BPW III satu periode ini. Rasa bahagia, haru, dan suka cita pun seketika pecah. Banyak yang tidak menyanga bahwa dirinya akan menjadi bagian dari BPW III tersebut. Memang, dalam satu periode kepengurusan ini BPW III akan mengusung Perekrutan kembali anggota wiayah III dan Ekspedisi Desa. Sungguh rencana luar biasa yang sangat dinantikan petani-petani Indonesia.

Cakupan wilayah yang menjadi bagian dari BPW III IMMPERTI meliputi Provinsi Jawa Barak, DKI Jakarta, dan Banten. Sementara ini Universitas yang sudah tergabung menjadi anggota BPW III adalah IPB selaku pimpinan wilayah III, kemdian UIN Bandung, dan Untirta. Misi besar dari wilayah III adalah mengajak lebih 10 Universitas yang ada di wilayah III untuk bergabung bersama IMMPERTI dalam mewujudkan Pertanian Islam Indonesia yang madani dan berkelanjutan.

BPW III IMMPERTI memiliki lima departemen dan sebuah badan khusus. Adapun kelima departemen tersebut adalah Departemen Penelitian dan Pengembangan, Departemen Kajian Isu Strategis, Departemen Humas dan Jaringan, Departemen Media Center, dan terkhir adalah Departemen Pengabdian Masyarakat. Satu badan yang sengaja dibentuk secara khusus adalah BK Kemuslimahan. Kelima Depertemen beserta BK Kemuslimahan tersebut berkolabrasi dan bekerjasama dalam melaksanakan dan mewujudkan Program Unggulan Wilayah III. Namun tidak hanya sebatas itu, program khusus yang telah dirancang dari masing-masing Departemen akan menjadi pilar pendukung terwujudnya Pertanian Islam Indonesia yang madani dan berkelanjutan.

Tanggal 02 Mei 2015 merupakan momentum yang luar biasa bagi Pejuang Pertanian Islam Indonesia. Mereka berdiskusi dan menyuarakan misinya dalam membangun dan mengembangkan potensi yang ada di wilayah III. Hingga akhirnya terbentuk beberapa program pendukung diantaranya adalah Kajian Pertanian Islam bersama ahli, Islamic Agriculture Issues Centre, Smart Agriculture, Ekspedisi Desa, dan terakhir Her Creation and Entertain. Semuanya dipadukan untuk mewujudkan Pertanaian Islam yang lebih baik.

Pada hari puncak, tanggal 20 Mei 2015 yng bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional, Musyawarah BPW III IMMPERTI telah berhasil dilaksanakan. Musyawarah kali ini mengusung tema “Saudaraku Peduli Pertanian Islam”. Dalam musyawarah tersebut membahas urgensi komunikasi dan silaturahim antar universitas dalam membangun pertanian islam. Diharapkan dengan diadakannya musyawarah tersebut pejuang pertanian islam lebih peka dan peduli terhadap saurada yang ada diwilayahnya. Sehingga sitem komunikasi akan terbentuk, dan pelaksanaan program pertanian islam akan berjalan dengan baik.

Share

Tags: Press release FKRD Biru · Uncategorized