FKRD Faperta IPB

Review: SHALAT DI KENDARAAN SAAT MUDIK

May 17th, 2013 · No Comments

“Bagaimana tata cara shalat yang benar ketika kita sedang berada di bus dalam perjalanan mudik? Apakah shalat dengan duduk di dalam bus saja atau lebih baik menunggu bus berhenti sejenak kemudian baru shalat?” (Si Fulan- 085814925xxx)

#1 Ustadz Menjawab:

Pada asalnya, shalat wajib tidak boleh ditunaikan di atas kendaraan. Hendaknya dikerjakan seusai turun dari kendaraan sebagaimana perbuatan Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam terkecuali dalam keadaan terpaksa seperti khawatir akan habisnya waktu shalat.

Di dalam Hadits Riwayat Bukhari no. 1099, Jabir bin ‘Abdillah radhiyallahu’anhu mengatakan,”Adalah Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam shalat sunnah di atas kendaraannya ke arah timur. Apabila beliau hendak shalat wajib maka beliau turun dari kendaraan kemudian menghadap kiblat”.

Menurut pendapat Syaikh ‘Utsaimin dalam kitabnya yang berjudul Majma’ Fatawa wa Rosa’il, adapun tata cara shalat di atas kendaraan, baik itu pesawat, bus, kereta, atau kapal laut, adalah sebagai berikut:

1.Hendaklah shalat menghadap kiblat bila mampu. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah ditanya tentang shalat di atas perahu. Belau menjawab,”Shalatlah dengan berdiri, kecuali bila kamu takut (khawatir akan) tenggelam.” (HR. Al Hakim)
2.Berusaha tetap shalat berjama’ah (terutama bagi laki-laki). Apabila dalam kendaraan ada ruang yang bisa digunakan shalat berjama’ah maka shalatlah dengan berjama’ah walaupun hanya dua orang. Bila tidak shalatlah berjama’ah dengan duduk.
3.Kerjakan shalat seperti biasa: niat dalam hati, takbiratul ihram, membaca do’a iftitah, membaca Al Fatihah, membaca surat dalam Al Qur’an, ruku’, lalu sujud. Bila tidak mampu ruku’, maka cukup dengan menundukkan kepala dan engkau tetap dalam keadaan berdiri. Bila tidak mampu sujud, maka cukup dengan duduk seraya menundukkan kepala. Apabila shalatnya dikerjakan dalam keadaan duduk, maka ketika ruku’ dan sujud cukup dengan menundukkan kepala dan jadkan posisi kepala untuk sujud itu lebih rendah.

Note:

Buat kamu-kamu yang mau tanya dan ingin tau lebih banyak tentang Islam, sms aja ke: 085710462663 dengan format: FKRD_nama_dept/angk_pertanyaan. Pertanyaan kamu bakal dijawab dan dibahas langsung di forum Ustadz Menjawab tiap ba’da Ashar (16.00) di Sekret FKRD. Ada hadiah Pulsa bagi pertanyaan terbaik lho sob.. So, tunggu apa lagi..!! yuk sms 😀

Share

Tags: Press release fun · Uncategorized